Pengaruh Dukungan Sosial dan Akses Media Sosial terhadap Kekuatan Karakter Remaja.
Abstract
Dukungan sosial dari lingkungan terdekat remaja seperti orang tua, guru, dan
teman, serta akses remaja pada media sosial memiliki peran penting dalam
membentuk kekuatan karakter pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh dukungan sosial dan akses media sosial terhadap kekuatan
karakter remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain
explanatory dan teknik cross-sectional study secara voluntary sampling dengan
menyebar kuesioner secara daring. Jumlah sampel penelitian sebanyak 270 remaja
berusia 12 hingga 18 tahun dari wilayah Jabodetabek. Pengolahan data
menggunakan analisis SEM dengan aplikasi Microsoft Excel 2013, SPSS versi 25,
dan LISREL 8.80. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa usia remaja berhubungan
negatif signifikan dengan dukungan sosial orang tua dan dukungan sosial guru.
Selain itu, usia remaja juga berhubungan positif signifikan dengan kekuatan
karakter pada dimensi penguasaan diri. Sementara, pada karakteristik keluarga,
besar keluarga berhubungan negatif signifikan dengan kekuatan karakter pada
dimensi kebijaksanaan dan pengetahuan, keadilan, serta transendensi. Hasil uji
pengaruh menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap kekuatan karakter pada remaja, sedangkan akses media sosial
memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kekuatan karakter pada remaja. Social support from the microsystems of adolescents such as parents,
teachers, and friends, as well as access to adolescents on social media has an
important role in shaping the strength of character in adolescents. This study aims
to analyze the influence of social support and social media access on adolescent’s
character strength. This study used a quantitative method with an explanatory
design, a cross-sectional study technique using voluntary sampling by distributing
questionnaires online. The number of research samples was 270 adolescents aged
12−18 years old from the Jabodetabek area. Data processing used SEM analysis
with Microsoft Excel 2013, SPSS version 25, and LISREL 8.80 applications. The
results of the correlation test showed that adolescent age had a significant negative
relationship with social support from parents and teachers. In addition,
adolescence age is also significantly positively related to character strength in the
temperance dimension. Meanwhile, on family characteristics, family size has a
significant negative relationship with character strength in the dimensions of
wisdom and knowledge, justice, and transcendence. The results of the influence test
show that social support has a significant positive effect on on adolescent’s
character strengths, meanwhile social media access has a significant negative
effect on adolescent’s character strengths.