Penentuan Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Analytical Hierarchy Process
Abstract
Merebaknya Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah melakukan banyak usaha
agar penyebaran tidak semakin parah, untuk dapat mengurangi penyebarannya yang
berpengaruh terhadap berbagai sektor terutama pendidikan dan berimbas terhadap pola
pembelajaran dimana dari luring menjadi daring. Oleh karena itu, penelitian ini akan
menganalisis penentuan efektivitas pembelajaran daring menggunakan Analytical Hierarchy
Process pada mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer IPB. Data diperoleh melalui
wawancara dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden dan
wawancara mendalam kepada informan. Responden akan dipilih menggunakan teknik
simple random sampling. Metode penelitian menggunakan Analytical Hierarchy Process
karena di dalam penelitian ini terdapat banyak alternatif dalam pembelajaran online yang
bisa dilaksanakan dan terdapat kriteria yang harus dipenuhi agar pembelajaran yang
dilakukan oleh mahasiswa bisa lebih efektif dan kondusif.
Collections
- UT - Computer Science [2327]