Komunikasi Digital dalam Pengembangan Pariwisata di Pulau- Pulau Kecil
Date
2023Author
Ismail, Ervan
Sumardjo
Lubis, Djuara P
Kinseng, Rilus A
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia dikaruniai dengan sumberdaya alam yang sangat kaya, termasuk
pantai dan pulau-pulau kecil yang menjadi daya tarik pariwisata. Oleh sebab itu,
pariwisata telah lama menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi, termasuk
sumber devisa. Dalam beberapa dekade terakhir, Pemerintah Indonesia semakin
meningkatkan pembangunan pariwisata. Pemerintah misalnya menetapkan sepuluh
destinasi prioritas pengembangan wisata, termasuk Kepulauan Seribu. Salah satu
usaha atau jasa yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata di pulau kecil
adalah tersedianya homestay sebagai tempat menginap para wisatawan. Di
Kepulauan Seribu, masyarakat lokal berperan besar dalam pengelolaan homestay
ini. Sementara itu, di era digitalisasi sekarang ini komunikasi digital sangat penting,
termasuk dalam usaha di sektor pariwisata, seperti untuk promosi, booking kamar,
dan lain-lain. Oleh sebab itu menjadi sangat penting untuk dikaji, bagaimana
pemanfaatan komunikasi digital oleh masyarakat yang berdomisili di pulau-pulau
kecil di Kepulauan Seribu dalam mengelola homestay.
Tujuan penelitian: (1) Bagaimana teknologi informasi dan komunikasi untuk
pembangunan (ICT4D) untuk meningkatkan kapasitas masyarakat serta kondisi
digital divide dalam pengembangan pariwisata digital (smart-tourism) di pulaupulau
kecil; (2) Menganalisis pengaruh faktor internal, ketersediaan komunikasi
digital, faktor komunikasi digital pariwisata dan faktor eksternal terhadap perilaku
komunikasi pengelola homestay; (3) Menganalisis pengaruh faktor internal,
ketersediaan komunikasi digital, faktor komunikasi digital wisatawan, faktor
eksternal dan perilaku komunikasi pengelola homestay terhadap kesiapan
komunikasi digital pengelola hometay; (4) Menganalisis pengaruh kesiapan
komunikasi digital pengelola homestay terhadap pengembangan pariwisata di
Kepulauan Seribu; (5) Merumuskan model dan strategi komunikasi digital dalam
pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu.
Metode penelitian menggunakan survei terhadap 308 responden yang
didapat dari 661 pengelola homestay di Kepulauan Seribu. Penelitian dilaksanakan
dari bulan Maret sampai dengan bulan Desember 2020 di 10 pulau yaitu Pulau
Tidung, pulau Payung, Pulau Lancang, Pulau Pari, pulau Untung Jawa, pulau
Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Pramuka dan pulau terluar
berpenduduk yaitu Pulau Sebira. Teknik pengumpulan data melalui wawancara
dengan kuesioner secara tertutup dan wawancara mendalam. Analisis data
dilakukan menggunakan statistik inferensial dengan software SEM PLS dan
statistik deskriptif menggunakan SPSS. dst..
Collections
- DT - Human Ecology [537]