Strategi Pengembangan Bisnis Konveksi CV Hadi Corp pada Pasar Domestik dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas
Abstract
Industri manufaktur sektor TPT di Indonesia tumbuh 15 persen, namun total ekspor turun 2,87 persen menjadi 12,84 miliar dollar pada tahun 2019 dibanding tahun 2018 sebesar 13,22 miliar dolar. Industri TPT dapat dibagi menjadi beberapa sektor, salah satunya sektor pakaian jadi. Sektor pakaian jadi ini pun memiliki kontribusi PDB yang penting bagi Indonesia. Pada komoditas produk tekstil, terdapat persaingan dengan kualitas impor. Produk tekstil sulit bersaing di pasar domestik dikarenakan mutu yang kalah dengan produk impor, baik dari segi bahan, jahitan, model dan finishing yang kurang rapi dan tidak terstandar serta ketersediaannya yang belum memenuhi permintaan pasar. Dalam menghadapi perubahan lingkungan eksternal maupun internal CV. Hadi Corp membutuhkan pemetaan model bisnis untuk mengetahui kondisi bisnis perusahaan untuk dapat menciptakan terobosan inovasi untuk pengembangan bisnis perusahaan untuk pasar domestik. Hadi Corp membutuhkan pemetaan model bisnis untuk mengetahui kondisi bisnis perusahaan untuk dapat menciptakan terobosan inovasi untuk pengembangan bisnis perusahaan untuk pasar domestik. Tujuan penelitian berupa Menganalisis Model Bisnis Kanvas yang dijalankan CV Hadi Corp saat ini, Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dari CV Hadi Corp saat ini berdasarkan 9 elemen Model Bisnis Kanvas dan Merancang Model Bisnis Kanvas Perbaikan CV Hadi Corp sebagai alternatif perencanaan strategi bisnis mendatang. Pengolahan data menggunakan Model Bisnis Canvas dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perbaikan Model Bisnis Kanvas CV Hadi Corp berdasarkan alternatif strategi menghasilkan beberapa sasaran dan pengembangan pada tiap elemen meliputi: 1) Pelanggan Business to business; 2) inovasi produk; 3) mengupdate website untuk meningkatkan promosi online; 4) Melakukan site visit pada pelanggan dan penilaian pelanggan terhadap pelayanan perusahaan melalui survei kepuasan pelanggan; 5) Investasi pada teknologi atau new resources dan training ; 7) Pelanggan penyewaan alat dan jasa desain, survei pasar dan pembuatan produk inovasi. Sasaran pada perbaikan tiap elemen pada model bisnis kanvas bertujuan untuk memperluas potensi proposisi nilai yang dapat ditawarkan CV Hadi Corp.
Collections
- MT - Business [1573]