Determinan Diskon Pasar pada Perusahaan yang melakukan Penawaran Saham Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019
Date
2023Author
Pardomuan, Pardomuan
Hakim, Dedi Budiman
Sinaga, Bonar M.
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada pasar perdana, harga saham perusahaan ditentukan oleh kesepakatan antara perusahaan dengan underwriter (penjamin emisi), sedangkan pada pasar sekunder, harga saham perusahaan ditentukan oleh permintaan dan penawaran yang sering disebut mekanisme pasar. Diskon adalah jumlah dimana harga saham lebih rendah dari harga penawarannya, dinyatakan sebagai persentase. Secara sederhana, ini adalah ukuran popularitas perusahaan. Saham sering diperdagangkan dengan harga yang berbeda dari harga penawarannya. Jika harga penawarannya lebih tinggi dari harga transaksinya, maka terdapat diskon saham. Sebaliknya jika harga penawarannya lebih rendah dari harga transaksinya, saham tersebut dikatakan diperdagangkan dengan harga premium. Terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi harga saham yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal atau yang lebih dikenal dengan faktor ekonomi makro, sedangkan faktor internal merupakan faktor kinerja perusahaan itu sendiri. Dengan mengetahui kinerja perusahaan penerbit saham (emiten) dapat dianalisa kemampuan emiten memberikan pendapatan bagi pemegang sahamnya. Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu aspek yang fundamental mengenai kondisi keuangan perusahaan yang dapat dilakukan berdasarkan analisis rasio keuangan perusahaan dalam suatu periode. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan dan karakteristik emiten yaitu Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), ukuran perusahaan (SIZE), dan umur perusahaan (AGE) terhadap diskon pasar pada saham IPO periode tahun 2015-2019 baik secara parsial maupun bersama-sama. Untuk menganalisis pengaruh tersebut, teknis analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DER, EPS, dan AGE berpengaruh secara parsial terhadap diskon pasar, sedangkan ROA, ROE, dan SIZE tidak berpengaruh secara parsial terhadap diskon pasar. Namun hasil penelitian bahwa variable DER, ROA, ROE, EPS, SIZE, dan AGE secara bersama-sama berpengaruh terhadap diskon pasar.
Collections
- MT - Business [484]