Penugasan Dosen di Masa Pandemi dengan Mempertimbangkan Preferensi dan Pemerataan Beban Menggunakan Goal Programming
Date
2023Author
Syah, Muhammad Al Giffari
Hanum, Farida
Bakhtiar, Toni
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu masalah penjadwalan adalah penjadwalan pengajar di dalam suatu
institusi pendidikan. Terdapat beberapa pertimbangan pada penjadwalan pengajar
yaitu ketersediaan waktu mengajar, ketersediaan mengajar secara online dan offline,
preferensi mengajar dosen, kesesuaian materi yang diajarkan dengan bidang
keahlian pengajar, sampai meratanya beban tugas mengajar bagi tiap pengajar.
Salah satu penyelesaian masalah penjadwalan ini adalah dengan goal
programming. Terdapat dua jenis kendala yang perlu ditinjau, yaitu hard
constraints dan soft constraints. Dalam goal programming, akan diminimumkan
peubah simpangan yang mengakibatkan soft constraints menyimpang dari nilai
yang diharapkan. Model penjadwalan pengajar ini diaplikasikan pada data kasus
penjadwalan dosen di Jurusan Matematika Universitas XYZ yang melibatkan
penjadwalan untuk mata kuliah dua program studi sarjana, satu program studi
magister dan 31 kelas paralel pada program tingkat pertama. Dari hasil
implementasi, diperoleh penjadwalan yang memenuhi kendala-kendala dan
meratakan beban mengajar dosen selama setahun akademik. One of the scheduling problems is the scheduling of teachers in an educational
institution. There are several considerations in teacher scheduling, namely the
availability of teaching time, the availability of online and offline teaching,
lecturers' teaching preferences, the suitability of the material taught with the
teacher's field of expertise, to the even distribution of the teaching task load for each
teacher. One solution to this scheduling problem is goal programming. There are
two types of constraints reviewed, hard constraints and soft constraints. In goal
programming, we minimize the deviation variables, which causes soft constraints
to deviate from the expected value. This teacher scheduling model is applied to the
case data of lecturer scheduling at the Mathematics Department of XYZ University
which involves scheduling for courses for two undergraduate study programs, one
master study program and 31 parallel classes in the Joint first level program. The
result of the implementation, is a scheduling satisfies the constraints and evens out
the teaching load of the lecturers during the academic year.
Collections
- UT - Mathematics [1365]