Pembangunan Prototipe Sistem Aplikasi Mobile Pedagang Sayur Keliling dengan Pendekatan Experiential Marketing
Abstract
Penggunaan aplikasi e-commerce di Indonesia untuk membeli bahan pokok terus meningkat dari waktu ke waktu dan semakin digemari ketika pandemi terjadi, kemudahan produk yang langsung sampai di depan rumah menjadi alasan aplikasi ini diminati. Sayangnya pelanggan tidak bisa berinteraksi langsung dengan produk yang mereka inginkan bila hanya melalui layar smartphone. Sebaliknya, pedagang sayur keliling bisa memberikan pengalaman tersebut untuk pelanggan tetapi kehadirannya yang tidak menentu menyulitkan pelanggan untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk membangun prototipe sistem aplikasi mobile pedagang sayur keliling sehingga masyarakat bisa berbelanja dengan berinteraksi langsung dengan produk secara efisien. Aplikasi ini telah dikembangkan dengan framework React Native dan sudah diuji oleh empat client. Setelah dua iterasi pengembangan dengan metode prototyping, aplikasi sudah memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan client dan harapannya bisa diterapkan sebagai model
bisnis baru antara pelanggan dan pedagang sayur keliling di Indonesia. The utilization of e-commerce applications in Indonesia for buying daily needs is getting higher day by day and even more popular during the pandemic, convenient products delivery to the customer’s front door becomes a reason why these applications are loved. Unfortunately customers cannot directly interact with
the products they want through a smartphone screen. On the other hand, vegetable peddlers are able to give this experience to customers but their uncertainty to be present makes it difficult for customers to shop. This research’s objective is to develop a mobile application prototype system for the vegetable peddler so people can shop by interacting directly with the products efficiently. These applications have been developed using React Native framework and have been tested by four clients. After two iterations of development with prototyping methods, applications have fulfilled all requirements which clients want and hopefully can be implemented as a new business model between customers and vegetable peddler in
Indonesia.
Collections
- UT - Computer Science [2322]