Perilaku Penggunaan Internet dan Tingkat Literasi Media Remaja dalam Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan internet semakin dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan penting, seperti kegiatan belajar mengajar, bekerja, bahkan berbelanja. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik individu dengan perilaku penggunaan internet dan tingkat literasi media pada remaja, menganalisis hubungan perilaku penggunaan internet dengan tingkat literasi media remaja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Menggunakan metode survey dengan total responden empat puluh orang remaja Desa Karangtengah yang berusia tiga belas hingga delapan belas tahun. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden adalah pelajar SMA dan berjenis kelamin perempuan, memiliki perilaku penggunaan internet pada tingkat sedang, dan tingkat literasi media pada tingkat tinggi pada hampir seluruh aspek perilaku penggunaan internet dan tingkat literasi media. Pendidikan dan kepemilikan media merupakan karakteristik individu yang berhubungan dengan perilaku penggunaan internet dan tingkat literasi media. Perilaku penggunaan internet berhubungan dengan tingkat literasi media remaja Desa Karangtengah The current Covid-19 pandemic is causing the internet to be increasingly needed to support various important activities, such as teaching and learning activities, working, and even shopping. The goal of the research was to analyze the corelation of individual characteristics with internet usage behavior and media literacy level in adolescents villager, analyze the corelation of internet usage behavior with the media literacy level of adolescent villager. The research uses quantitative approaches supported by qualitative data. Used survey method to fourthy Karangtengah Adolescene around thirteen to eighteen years old. The results of the research show the majority of the respondent are women who still persuing highschool, with midle level of internet usage behaviour, and high level in media literacy. Education and media ownership are individual characteristics that are related to both the internet usage behaviour and the level of media literacy. The correlation formed between internet usage behaviour and the level of media literacy are related each other.