Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Beli Ulang Keripik Pisang Khas Lampung
Abstract
Banyaknya produsen keripik pisang di Indonesia menciptakan situasi
persaingan pasar yang ketat bagi industri keripik pisang khas Lampung dan
semakin membuka kesempatan bagi konsumen untuk membeli keripik pisang dari
produsen lain. Studi untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga dapat
membentuk minat beli ulang konsumen terhadap keripik pisang khas Lampung
penting dilakukan untuk membantu merumuskan strategi pasar yang tepat.
Penelitian ini menggunakan data dari 189 responden yang dikumpulkan dengan
teknik judgement sampling dan dianalisis melalui metode SEM-PLS. Terdapat 5
(lima) faktor yang berpengaruh langsung dan signifikan terhadap minat beli ulang
keripik pisang khas Lampung yang terdiri atas sikap, norma subjektif dan kontrol
perilaku. Faktor harga dan merek menjadi pembentuk sikap konsumen sehingga
memberikan pengaruh yang signifikan namun secara tidak langsung terhadap
minat beli ulang keripik pisang khas Lampung. Sementara itu, cita rasa tidak
menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Collections
- UT - Agribusiness [4548]