Analisis Daya Saing Ekspor Kayu Manis Indonesia Di Pasar Internasional Periode 2017 - 2021
Abstract
Berdasarkan TradeMap (2022), pada periode 2017 – 2021 Indonesia adalah
negara pengekspor kayu manis terbesar ke-4 di dunia. Untuk mempertahankan dan
meningkatkan kinerja ekspor kayu manis Indonesia perlu diketahui faktor-faktor
yang mempengaruhi nilai ekspor kayu manis. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis daya saing komparatif maupun kompetitif serta faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi pertumbuhan ekspor kayu manis periode 2017 – 2021.
Penelitian ini menggunakan tiga metode perhitungan yaitu Revealed Comparative
Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), dan Constant Market
Share (CMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor kayu manis memiliki
keunggulan komparatif yang kuat pada ketiga jenis kode HS. Selain itu, hasil
perhitungan keunggulan kompetitif pada kode HS 090619 dan kode HS 090620
berada pada tahap kematangan. Sedangkan kode HS 090611 berada pada tahap
pertumbuhan. Faktor yang memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan
ekspor kayu manis Indonesia yaitu pertumbuhan standar dan distribusi pasar
sedangkan faktor daya saing dan komposisi komoditas bernilai negatif. Based on TradeMap (2022), in the period 2017 – 2021 Indonesia is the 4th largest
cinnamon exporting country in the world. To maintain and improve the
performance of Indonesian cinnamon exports, it is necessary to know the factors
that affect the value of cinnamon exports. This study aims to analyze comparative
and competitive competitiveness as well as what factors affect the growth of
cinnamon exports for the period 2017 – 2021. This study uses three calculation
methods, namely Revealed Comparative Advantage (RCA), Trade Specialization
Index (ISP), and Constant Market Shares (CMS). The results showed that the export
of cinnamon has a strong comparative advantage in the three types of HS codes. In
addition, the calculation results of competitive advantage on HS code 090619 and
HS code 090620 are in the maturity stage. While the HS code 090611 is in the
growth stage. Factors that have a positive influence on the growth of Indonesian
cinnamon exports are standard growth and market distribution, while
competitiveness and commodity composition are negative.
Collections
- UT - Forestry Products [2376]