Pengaruh Transportasi Terhadap Respon Fisiologis Ayam Broiler (Gallus domesticus)
Date
2022Author
Defrianto, Andi
Soesanto, Iman Rahayu Hidayati
Yani, Ahmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan transportasi akan menimbulkan stres pada ayam yang akan menimbulkan dampak negatif dengan turunnya bobot badan dan mortalitas yang akan mempengaruhi pendapatan. Tingkat stres yang dirasakan ayam dipengaruhi oleh kondisi lingkungan mikro selama transportasi. Stres pada ayam dapat diidentifikasi dari suhu tubuh yang tinggi, peningkatan denyut jantung, dan frekuensi pernapasan yang disebut sebagai respon fisiologis pada ayam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh transportasi terhadap respon fisiologis ayam. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial A(2) × B(2). Faktor A perlakuan ditransportasikan dan tidak ditransportasikan. Faktor B waktu pengamatan sebelum dan sesudah Faktor A. Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara perlakuan A dan B pada pengamatan frekuensi pernapasan dan suhu rektal. Pada pengamatan denyut jantung dan bobot badan tidak ada interaksi antara perlakuan A dan B. Adanya pengaruh suhu relatif yang rendah karena aliran udara saat dilakukan proses transportasi dimalam hari sehingga peningkatan respon fisiologis pada perlakuan ditransportasikan lebih rendah dibandingkan pada perlakuan tidak ditransportasikan. Transportation activities will cause stress on chickens and will harm decreased body weight and mortality that will affect income. The level of stress felt by chickens is influenced by microenvironmental conditions during transportation. Stress in chickens can be identified by high body temperature, increased heart rate, the respiratory rate which is called a physiological response in chickens. This study was conducted to determine the effect of transportation on the physiological response of chickens. This study used a Completely Randomized Design (CRD) with factorial pattern A(2) × B(2). Factor A treatment was transported and not transported. Factor B was observed before and after Factor A. The results showed that there was an interaction between treatments A and B on the observation of respiratory frequency and rectal temperature. In the observation of heart rate and body weight, there was no interaction between treatments A and B. There was a relatively low effect of temperature due-airflow flow during the transportation process at night at the increase in physiological response in the transported treatment was lower than in the non-transported treatment.