Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Sedekah Generasi Z di Kota Bogor
Abstract
Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997-2012 dan merupakan
mayoritas dari jumlah penduduk Indonesia yang juga memiliki potensi donasi yang
tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
memengaruhi perilaku berdonasi generasi Z di Kota Bogor. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan SEM-PLS. Sampel
yang diperoleh sebanyak 100 responden secara online dari generasi Z yang
beragama Islam dan berdomisili di Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikanhubungan antara sikap dan niat
pada perilaku sedekah. Namun, norma subjektif dan perceived behavioural control
tidak memiliki pengaruh signifikan pada perilaku sedekah. Oleh karena itu,
lembaga terkait diharapkan dapat memberikan edukasi terkait manfaat sedekah
kepada generasi Z.
Collections
- UT - Syariah Economic [395]