Pengaruh Literasi Keuangan dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pada Generasi Milenial dan Z
Abstract
Kemudahan informasi terkait suatu produk kosmetik melalui electronic word
of mouth dan literasi keuangan yang dimiliki generasi milenial dan Z dapat memicu
terjadinya keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh literasi keuangan dan electronic word of mouth terhadap
keputusan pembelian pada generasi milenial dan Z. Penelitian menggunakan desain
explanatory research study dan teknik penarikan contoh voluntary sampling dengan
total 122 responden generasi milenial dan Z di Indonesia. Berdasarkan hasil
penelitian generasi milenial dan Z kategori pengetahuan keuangan dan sikap
keuangannya berada pada kategori rendah, dan perilaku keuangan generasi milenial
berada pada kategori tinggi dan generasi Z termasuk kategori sedang. Variabel
electronic word of mouth termasuk kategori rendah dan keputusan pembelian
generasi Z termasuk kategori sedang hingga tinggi dan generasi milenial termasuk
kategori sedang. Uji regresi menunjukkan bahwa pendidikan terakhir, literasi
keuangan berpengaruh signifikan negatif terhadap keputusan pembelian, sedangkan
electronic word of mouth berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan
pembelian.