Dampak Inovasi Produk terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia
Date
2022-09-27Author
Septyati, Widya
Pambudy, Rachmat
Baga, Lukman M
Metadata
Show full item recordAbstract
The role of innovation in the company is needed considering that it can be a
source of competitive advantage and increase the company's survival. Not only in
the corporate sphere, but innovation can also be a source of long-term national
economic growth. Product innovations (modified or newly created products) tend
to be seen in the manufacturing industry. The innovation performance of
manufacturing industry in Indonesia can be reflected by the Competitive Industrial
Performance (CIP) index. Based on the CIP value, the innovation performance of
Indonesian manufacturing companies shows a fluctuating trend from 2015-2020.
Indonesia ranks 38 out of 155 countries and lags behind other neighboring
countries. Based on this explanation, this study aims to analyze (1) what factors
influence the decisions of manufacturing companies to innovate products in
Indonesia and (2) how the impact of product innovation on the performance of
manufacturing companies in Indonesia.
This study uses secondary data, namely a survey data from 1025 Indonesian
manufacturing companies in 2015 obtained from the World Bank. The total
companies that became the research sample were 133 companies that innovated and
892 companies that did not innovate products. The method used to achieve the first
objective is logit regression and the Propensity Score Matching (PSM) method to
achieve the second objective. PSM in this study was carried out using psmatch2 and
the nearest neighbor matching method.
The results showed that the manager's work experience, international market
location and R&D variables influenced the company's decision to innovate
positively and significantly. The impact of product innovation on the company's
turnover after the balancing test using the nearest-neighbor matching method has a
statistically significant effect. Companies that carry out product innovation have a
company turnover of Rp2.167.500.000.000,00 more than companies that do not
innovate.
This research suggests that companies should focus on activities that increase
product innovation, such as R&D and exports. On the other hand, from a policy
perspective, the government can facilitate permits related to R&D activities,
exports, patents and others. Especially for small companies that have limited
resources so that it is not possible to conduct R&D, the government can facilitate
financial access by utilizing financial technology and allocating special funds for
collaboration program through open innovation. Peran inovasi di dalam perusahaan dibutuhkan mengingat dapat menjadi
sumber keunggulan kompetitif dan meningkatkan kelangsungan hidup perusahaan.
Tidak hanya di lingkup perusahaan, inovasi dapat menjadi sumber untuk
pertumbuhan ekonomi nasional jangka panjang. Inovasi yang cenderung terlihat di
industri manufaktur adalah inovasi produk (produk yang dimodifikasi atau baru
diciptakan). Inovasi industri manufaktur di Indonesia dapat tercermin dari indeks
Competitive Industrial Perfomance (CIP). Berdasarkan nilai CIP, kinerja Inovasi
perusahaan manufaktur Indonesia menunjukkan tren fluktuatif dari tahun 2015-
2020. Indonesia menempati rangking 38 dari 155 negara dan masih tertinggal dari
negara tetangga lainnya. Berdasarkan pemaparan tersebut maka, penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis (1) faktor-faktor apa saja yang memengaruhi
keputusan perusahaan manufaktur dalam melakukan inovasi produk di Indonesia
dan (2) bagaimana dampak inovasi produk terhadap kinerja perusahaan manufaktur
di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan data sekunder, yakni data survei 1025 perusahaan
manufuktur Indonesia Tahun 2015 yang diperoleh dari Bank Dunia. Total
perusahaan yang menjadi sampel penelitian adalah 133 perusahaan yang melakukan
inovasi dan 892 perusahaan yang tidak melakukan inovasi produk. Metode yang
digunakan untuk mencapai tujuan pertama adalah regresi logit dan metode
Propensity Score Matching (PSM) untuk mencapai tujuan dua. PSM dalam
penelitian ini dilakukan dengan cara psmatch2 dan metode the nearest neighbor
matching.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengalaman bekerja manajer,
lokasi pasar internasional dan R&D memengaruhi keputusan perusahaan dalam
melakukan inovasi produk secara positif dan signifikan. Dampak inovasi produk
terhadap omzet perusahaan setelah dilakukan uji balancing test dengan metode
nearest-neighbor matching berpengaruh signifikan secara statistik. Perusahaan
yang melakukan inovasi produk memiliki omzet perusahaan lebih besar
Rp2.167.500.000.000,00 daripada perusahaan yang tidak melakukan inovasi.
Saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perusahaan perlu berfokus
kepada aktivitas yang mengarah pada peningkatan inovasi produk, seperti R&D dan
ekspor. Di sisi lain, dari segi kebijakan, pemerintah dapat memudahkan izin terkait
kegiatan R&D, ekspor, hak paten dan lain-lain. Khusus untuk perusahaan kecil
yang memiliki sumber daya terbatas sehingga tidak memungkinkan melakukan
R&D, pemerintah dapat memudahkan akses finansial dengan memanfaatkan
financial technology dan mengalokasikan dana khusus untuk program kolaborasi
melalui inovasi terbuka.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]