Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Generasi Z dalam Berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS)
Abstract
Wakaf memiliki peran penting dalam bidang sosial dan ekonomi. Badan Wakaf Indonesia (BWI), Kementerian Keuangan, dan Bank Indonesia bekerja sama menciptakan Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) yang memadukan wakaf dengan sukuk. Dalam penerbitan CWLS kode SWR001 dan SWR002, belum ada wakif individu yang termasuk generasi Z. Padahal Indonesia memiliki total 75,49 juta jiwa yang termasuk ke dalam generasi Z (BPS 2022). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi Z dalam berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi minat generasi Z dalam berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) adalah faktor sikap dan faktor persepsi kontrol perilaku. Waqf has an important role in the social and economic sphere. The Indonesian Waqf Board (BWI), the Ministry of Finance, and Bank Indonesia worked together to create a Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) that combines waqf with sukuk. In the issuance of CWLS codes SWR001 and SWR002, there are no individual wakifs that belong to generation Z. Even though Indonesia has a total of 75.49 million people who are included in generation Z (BPS 2022). This study examines the factors that influence the interest of generations Z in waqfing through Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). The methods used are descriptive analysis and Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS). The results showed that the factors that influence the interest of generations Z in waqfing through Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) are attitude factors and factors for perception of behavioral control.
Collections
- UT - Syariah Economic [466]