Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Koper Pustaka Modul Peminjaman Terikat Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Budaya literasi di Indonesia masih mencapai persentase yang terbilang
rendah. Faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu keterbatasan akses
penyebaran buku sebagai bahan bacaan. Salah satu bentuk inovasi yang telah
dilakukan dalam upaya meningkatkan akses penyebaran buku yaitu dilakukannya
penelitian sebelumnya berupa perancangan aplikasi pinjam meminjam buku
secara berantai yang melibatkan pihak pemberi pinjaman dan juga pihak
peminjam secara digital. Namun, penelitian tersebut hanya berfokus pada
pengalaman dan faktor engagement dari sisi pemberi pinjaman saja. Berdasarkan
keterbatasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe
aplikasi mobile sistem peminjaman terikat dari sisi peminjam buku di aplikasi
Koper Pustaka dan menemukan faktor engagement bagi peminjam terikat.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode Design Thinking. Hasil akhir dari
penelitian ini berupa prototipe mobile berbasis pengalaman pengguna yang telah
diujikan kepada lima pengguna dengan remote usability testing. Berdasarkan hasil
uji, diperoleh nilai SEQ (Single Ease Question) sebesar 6,8 dari nilai tertinggi
tertinggi yaitu 7 dan nilai SUS (System Usability of Scale) sebesar 93,5 dari nilai
tertinggi yaitu 100. Dapat disimpulkan bahwa prototipe tampilan yang dibuat
sudah memenuhi aspek learnability dan usability yang baik.
Collections
- UT - Computer Science [2322]