Analisis Perilaku Keuangan pada Generasi Z Muslim di Jabodetabek (Studi Kasus Pengguna Shopeepaylater).Analisis Perilaku Keuangan pada Generasi Z Muslim di Jabodetabek (Studi Kasus Pengguna Shopeepaylater).
Date
2022Author
Yolanda, Maytha Ivada
Nursyamsiah, Tita
Hasanah, Qoriatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebagai upaya dalam meningkatkan transaksi, sebagian besar perusahaan e commerce mulai menawarkan fitur paylater atau layanan cicilan tanpa kartu kredit.
Penggunaan fitur paylater harus diimbangi dengan perilaku keuangan yang baik karena
risiko dari penggunaan fitur paylater pada generasi muda dapat terjadi dalam kondisi
kurangnya perilaku manajemen keuangan sehingga sebagian besar generasi Z belum
mandiri secara finansial serta mendorong pembelian secara impulsif. Ditinjau dari sisi
syariah, fitur paylater adalah utang dengan adanya tambahan atau riba sehingga bagi umat
Islam diutamakan untuk meninggalkannya. Urgensi penelitian ini adalah menganalisis
perilaku generasi Z secara finansial pada studi kasus penggunaan Shopeepaylater.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif
dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS untuk menganalisis pengaruh financial
attitude, financial socialization, financial experience dan Islamic financial knowledge
terhadap financial behavior. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel financial
socialization dan financial experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap
financial behavior pengguna Shopeepaylater generasi Z muslim di Jabodetabek sedangkan
variabel financial attitude dan Islamic financial knowledge tidak memiliki pengaruh
terhadap financial behavior. In order to increase the transactions, most e-commerce companies have begun to
offer paylater or buy-now-pay-later features. The use of the paylater feature must be
balanced with good financial behavior because the risk of using the paylater feature in the
younger generation can occur in conditions of lack of financial management behavior so
that most of the Z generation are not financially independent yet and encourage impulsive
buying. From the sharia perspective, the paylater feature is debt with extra fee, so it is
preferable for Muslims to leave it. The urgency of this study is to analyze the financial
behavior of generation Z in the case study of Shopeepaylater user. This research uses
quantitative and descriptive analysis method. Quantitative analysis uses the SEM-PLS
method to analyze the influence of financial attitude, financial socialization, financial
experience and Islamic financial knowledge on financial behavior. The results showed that
the financial socialization and financial experience variables had positive and significant
influence on the financial behavior of Generation Z Muslim Shopeepaylater users in
Jabodetabek while the variables of financial attitude and Islamic financial knowledge do
not have a significant influence on financial behavior.
Collections
- UT - Syariah Economic [466]