Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Konsumen Kedai Kopi di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Date
2022Author
Apriliani, Aulia Rizqi
Utami, Anisa Dwi
Putri, Tursina Andita
Metadata
Show full item recordAbstract
Minum kopi sudah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia. Bisnis kedai kopi
merupakan salah satu usaha pemasaran agribisnis yang sedang berkembang cukup
pesat di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Pertumbuhan ini terlihat sejak
2019. Faktor-faktor yang membentuk preferensi konsumen di setiap daerah
berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pembentuk
preferensi konsumen dan keputusan pembelian konsumen kedai kopi di Kecamatan
Kajen. Metode pengambilan responden yang digunakan adalah accidental sampling
dengan jumlah 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa
mayoritas konsumen yang berkunjung ke kedai kopi karena ingin berkumpul
bersama teman, mendapatkan sumber informasi dari teman, menu kopi menjadi
fokus perhatian ketika mengunjungi kedai kopi, frekuensi kunjungan 1-3 kali dalam
sebulan, dan akan kembali mengunjungi kedai kopi. Faktor pembentuk preferensi
konsumen terdiri dari delapan faktor yaitu harga, sarana pendukung, variasi dan cita
rasamakanan dan minuman, pelayanan, fasilitas, variasi dan cita rasa minuman
selain kopi, lokasi, dan diskon dan tampilan.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]