Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Coffee shop Berlabel Halal di Kota Bekasi
Abstract
Usaha coffee shop di Kota Bekasi berkembang pesat namun belum semua
usaha tersebut memiliki label halal. Adanya inovasi menu yang ditawarkan untuk
menciptakan keunggulan dari coffee shop lainnya berupa rum kopi yang masih
diragukan kehalalannya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik
dan pengetahuan konsumen coffee shop di Kota Bekasi serta menganalisis faktor faktor yang memengaruhi konsumen dalam membeli produk coffee shop berlabel
halal di Kota Bekasi. Sampel penelitian diperoleh melalui pengisian kuesioner
secara online dengan jumlah 100 responden yang berdomisili di Kota Bekasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis
regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan halal
dan religiusitas berpengaruh positif signifikan serta brand image berpengaruh
negatif signifikan terhadap keputusan pembelian pada coffee shop berlabel halal
MUI di Kota Bekasi. The coffee shop business in Bekasi City is growing very rapidly but not all
of these businesses have a halal label. There are menu innovations that are offered
to create advantages from other coffee shops in the form of rum coffee which is
still in doubt about its halalness. This study aims to identify the characteristics and
knowledge of coffee shop consumers in Bekasi City and analyze the factors that
influence consumers in buying coffee shop products labeled halal in Bekasi City.
The research sample was obtained through filling out an online questionnaire with
a total of 100 respondents who live in Bekasi City. The method used in this
research is descriptive analysis and logistic regression analysis. The results
showed that the variables of halal knowledge, religiosity had a significant positive
and brand image had a significant negative effect on purchasing decisions at a
coffee shop labeled halal MUI in Bekasi City.
Collections
- UT - Syariah Economic [473]