Perilaku Komunikasi Gerakan Sosial Komunitas Generasi Cerdas Iklim
Date
2022-08-24Author
Firliandoko, Robby
Sarwoprasodjo, Sarwititi
Saleh, Amiruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Generasi Cerdas Iklim (GCI) merupakan gerakan sosial yang bergerak di
permasalahan perubahan iklim. Generasi Cerdas Iklim sendiri secara badan hukum
merupakan yayasan dan sebelumnya merupakan komunitas. Penelitian bertujuan
untuk menganalisis perilaku komunikasi gerakan sosial yang dilakukan GCI.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data
dilakukan dengan wawancara kepada satu informan kunci (key informant) dan lima
informan lainnya. Penelitian ini menemukan bahwa keresahan akan banyaknya
masalah dan bencana serta korban yang disebabkan oleh perubahan iklim
merupakan latar belakang gerakan sosial yang dilakukan dan tidak dipengaruhi oleh
kondisi elite politik di tingkat lokal hingga nasional.
Generasi Cerdas Iklim tidak sendiri dalam melakukan gerakan sosialnya,
terdapat 26 entitas pendukung dari unsur Akademis, Bisnis, Komunitas, Pemerintah,
Media dan Lembaga Penggalangan Dana. Dukungan tersebut didapatkan melalui
pemanfaatan berbagai media seperti proposal, pencarian di media sosial hingga
lomba dan pembingkaian pesan. Jaringan sosial internal organisasi menjadi modal
sosial yang kuat dalam mendapatkan dukungan dengan diperkuat oleh jaringan dari
organisasi eksternal yang telah memberikan dukungan dengan membukakan akses
ke entitas lainnya.
Anak-anak usia Sekolah Dasar menjadi target komunikasi utama GCI dalam
memberikan pendidikan tentang iklim, perubahan iklim serta cara beradaptasi dan
menghadapi bencana perubahan iklim. Komunitas GCI menggunakan metode
pembelajaran campuran untuk mencapai tujuan pembelajaran sukses kognitif,
afektif dan psikomotorik. Sukses kognitif dicapai oleh GCI dengan melakukan
observasi untuk mengetahui potensi, permasalahan dan kearifan lokal di masingmasing daerah. Metode tanya jawab digunakan agar siswa dapat memahami
permasalahan yang ada disekitarnya dan dampak yang terjadi, kemudian penjelasan
materi dasar, pengenalan emosi dan siklus hujan disampaikan dengan
menggunakan presentasi power point, drama dan alat peraga. berupa permainan
ular tangga dan puzzle. Sukses afektif diraih oleh GCI dengan mengadakan diskusi
untuk mencari solusi permasalahan dan praktik langsung seperti pemilahan sampah,
pembuatan pupuk organik hingga pembuatan kerajinan majalah dindin. Terakhir,
pencapaian sukses psikomotorik diraih oleh GCI dengan mengajak mahasiswa
mengasah kemampuannya dalam kegiatan praktikum, pemberian tugas dan
pemberian penghargaan.
Penelitian juga menemukan bahwa komunitas dapat menjadi Aktor
Komunikasi Pembangunan meskipun GCI perlu melakukan komunikasi yang
intens dengan pendukung gerakan dan melakukan riset pascakegiatan untuk
mengukur keberhasilan kegiatan The Climate Smart Generation (CSG) is a social movement that works on
climate change issues. It is a legal entity in the form of a foundation and previously
was a social community. This study aims to analyze the communication behavior of
the organization. In this study, the researcher applied a qualitative approach. Data
were collected by interviewing one key informant and five supporting informants.
The results of this study indicated that anxiety about the numerous problems,
disasters, and victims caused by climate change is the background of social
movements that are carried out by the Climate Smart Generation (CSG) and are
not influenced by the conditions of the political elite at the regional to national
levels.
This organization is not alone in carrying out its social movements. They
involve 26 supporting entities from various elements of society, such as academics,
business, community, government, media, and fundraising institutions. These
supports are obtained through the use of various social media, such as proposals,
searches on social media, competitions, and framing messages. The organization’s
internal social network becomes a strong social capital in getting support. In
addition, it is strengthened by a network from external organizations that provide
support in the form of opening access to other entities.
Elementary school-age children are the main communication targets of this
organization in providing education about climate, climate change, and how to
adapt and deal with climate change disasters. This organization employs mixed
learning methods to achieve cognitive, affective, and psychomotor success learning
goals. Cognitive success is pursued by making observations to find out the potential,
problems, and local wisdom in each region. They also apply the question-andanswer method to make their target audience understand the problems around them
and the impacts that may occur. Furthermore, the explanation of the basic material,
the introduction of emotions, and the rain cycle is delivered using PowerPoint
presentations, dramas, and props in the forms of the “Snakes and Ladders” board
game and puzzles. Apart from that, affective success is pursued by holding
discussions to find solutions to problems and direct practices, such as sorting waste,
making organic fertilizers, and building wall magazines. Finally, psychomotor
success is pursued by inviting college students to hone their skills in practicum
activities and assignments.
Furthermore, this study also found that communities can be Development
Communication Actors. However, the Climate Smart Generation (CSG) still needs
to carry out intense communication with movement supporters and conducts postactivity research to measure the success of their actions.
Collections
- MT - Human Ecology [2236]