Strategi Pengembangan Halal Beach Tourism di Kabupaten Gunung Kidul
Abstract
Salah satu sektor yang saat ini tengah menjadi unggulan di Indonesia yaitu
pariwisata terkhusus wisata halal (Halal Tourism). Konsep halal menjadi trend
mulai dari kuliner, fashion, kosmetik bahkan sektor pariwisata mengarah pada
konsep halal. Wisata pantai halal di Indonesia masih sedikit. Kabupaten Gunung
Kidul memiliki kawasan wisata pantai terluas di provinsi D.I. Yogyakarta.
Beberapa objek wisata pantai Gunung Kidul memilki potensi wisata pantai halal.
Tindak lanjut dan rencana pengembangan masih belum terealisasi. Penelitian ini
bertujuan untuk untuk menganalisis strategi pengembangan wisata pantai halal di
Kabupaten Gunung Kidul dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy
Process (AHP) dan pendekatan Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats
(SWOT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan menjadi prioritas
utama dalam mengembangkan wisata pantai halal di Kabupaten Gunung Kidul.
Aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang paling berpengaruh,
secara berturut-turut menunjukan bahwa harga tiket yang terjangkau, pengelola
wisata pantai yang kurang memahami wisata halal, banyak wisatawan yang
berkunjung, serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang wisata. Implikasi
kebijakan penelitian ini yaitu penetapan kebijakan sertifikasi halal bagi praktisi dan
penetapan peraturan yang jelas tentang wisata pantai halal. One of the sectors that is currently leading in Indonesia is tourism,
especially halal tourism (Halal Tourism). The halal concept has become a trend
starting from culinary, fashion, cosmetic and even the tourism sector leading to the
halal concept. Halal beach tourism in Indonesia is still few. Gunung Kidul Regency
has the largest coastal tourism area in the province of Yogyakarta Special Territory.
Some of Gunung Kidul's beach attractions have the potential for halal beach
tourism. The follow-up and development plans have not yet been realized. This
study aims to analyze the strategy of developing halal beach tourism in Gunung
Kidul Regency using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method and the
Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) approaches. The
results of this study indicate that strength is a top priority in developing halal beach
tourism in Gunung Kidul Regency. The most influential aspects of strengths,
weaknesses, opportunities, and threats are affordable ticket prices, coastal tourism
managers who do not understand halal tourism, many tourists visit, and the lack of
public knowledge about tourism respectively. The policy implications of this
research are the establishment of a halal certification policy for practitioners and
the establishment of clear regulations regarding halal beach tourism.
Collections
- UT - Syariah Economic [394]