Strategi Perubahan Universitas Swasta dalam Mencapai Kinerja Unggul Perguruan Tinggi
Date
2022Author
Ramaditya, Muhammad
Maarif, M. Syamsul
Sukmawati, Anggraini
Affandi, M. Joko
Metadata
Show full item recordAbstract
The ability of private universities to transform more effectively is part of their
competitive advantage. Lecturers are one of essential resources in universities. A
comprehensive change strategy is needed to achieve the current performance of
private university. This study aims to analyze the actual condition of private
universities in Indonesia and analyze the role of talent management, knowledge
management, university transformation, and academic climate in organizational
performance. As well as formulating the strategy of private universities to achieve
performance and the maturity level of sustainability. Primary data collection was
obtained through questionnaires to lecturers at universities under the coordination
of LLDIKTI region III as well as in-depth interviews and discussions of experts
consisting of the director-general of non-vocational tertiary institutions, the head of
LLDIKTI region III, the chairman of the association of private universities and
leaders of private universities. With data analysis method using archive method,
PLS-SEM, Fuzzy Analytical Hierarchy Process and analysis of sustainability
maturity level.
The qualitative approach uses 602 secondary data, which is analyzed into a
typology of strategies. Furthermore, a quantitative approach was used to obtain 382
primary data from questionnaires distributed to lecturers from various private
universitiesin Indonesia. The findings show that the systematic application of talent
and knowledge management, university transformation, and academic climate in
private university support performance improvement. This research also produces
strategic priorities for private university leaders to be carried out to accelerate their
performance. The first thing that needs to be prepared from the factors is a strategic
plan. The private university's strategic plan must be improved according to current
needs and communicated to all internal employees to have the same perspective for
the future. Furthermore, from the actor's point of view, the role of the leadership of
private universities is to become a role model in educational organizations to be an
example to provide clear directions and encourage and support the academic
community in achieving their performance.
Furthermore, at the objectives level, private universities must ensure that they
have acceptable graduates in the industry. Universities also need to ensure
sustainability in terms of resources allocated for recycling, biodiversity care, and
product environmental issues. This needs to be the attention of stakeholders to
ensure programs in maintaining good biodiversity and the environment with
comprehensive sustainability programs. Kemampuan universitas swasta untuk berubah dengan lebih efektif menjadi bagian keunggulan bersaing. Dosen adalah salah satu sumber daya terpenting pada universitas swasta. Diperlukan suatu strategi perubahan yang komperehensif untuk mencapai kinerja universitas swasta saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi aktual universitas swasta di wilayah LLDikti 3, menganalisis peran manajemen talenta, manajemen pengetahuan, transformasi universitas dan iklim akademik dalam mencapai kinerja unggul organisasi. Serta memformulasikan strategi universitas swasta untuk mencapai kinerja organisasi dan menganalisa tingkat kematangan keberlanjutan. Pengumpulan data primer diperoleh melalui kusioner kepada dosen di universitas swasta di bawah koordinasi LLDIKTI wilayah III serta wawancara mendalam dan diskusi para pakar yang terdiri dari direktur jendral perguruan tinggi non vokasi, kepala LLDIKTI wilayah III, ketua asosiasi perguruan tinggi swasta dan para pimpinan universitas swasta. Dengan metode analisis data menggunakan metode arsip, PLS-SEM, Fuzzy Analytical Hierarchy Process dan analisis tingkat kematangan keberlanjutan. Pendekatan kualitatif menggunakan 602 data sekunder yang dianalisa menjadi suatu tipologi strategi. Selanjutnya pendekatan kuantitatif digunakan untuk memperoleh 382 data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada dosen yang diambil dari berbagai universitas swasta di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa penerapan sistematis manajemen talenta dan pengetahuan, transformasi universitas, dan iklim akademik di universitas swasta mendukung peningkatan kinerja. Penelitian ini juga menghasilkan prioritas strategi pada pimpinan universitas swasta untuk yang akan dilakukan dalam mempercepat pencapaian kinerja organisasi. Hal pertama yang perlu dipersiapkan dari faktor adalah rencana strategi. Bagaimana rencana strategi universitas harus diperbaiki sesuai dengan kebutuhan saat ini dan dikomunikasikan kepada seluruh internal karyawan sehingga memiliki perspektif yang sama untuk kedepan. Selanjutnya dari sisi aktor adalah peran dari pimpinan universitas swasta menjadi role model pada organsisasi pendidikan untuk menjadi contoh untuk dapat memberikan arahan yang jelas, bisa mendorong dan mendukung para civitas akademik dalam mencapai kinerjanya. Selanjutnya pada tingkatan tujuan, universitas swasta harus memastikan memiliki lulusan yang dapat di terima di industri. Universitas swasta juga perlu memikirkan terkait keberlanjutan dengan memastikan keberlanjutan pada sisi sumber daya yang dialokasikan untuk daur ulang, perawatan keanekaragaman hayati dan masalah lingkungan produk. Hal ini perlu menjadi perhatian para pemangku kepentingan untuk dapat memastikan program-program dalam menjaga keaneka ragaman hayati dan lingkungan yang baik dengan program-program keberlanjutan yang komprehensif.