Identifikasi Model Bisnis CV. XYZ dengan Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
CV. XYZ merupakan sebuah UMKM yang memiliki unit usaha chicken fat oil yang
berlokasi di Kota Depok. Potensi yang dimiliki perusahaan untuk meningkatkan skala
usaha besar dan sudah memiliki kredibilitas dalam melewati berbagai macam krisis
ekonomi hingga saat ini, namun karena ketidakstabilan bahan baku membuat
perusahaan hati-hati dalam melakukan ekspansi bisnisnya sehingga perlu dilakukan
penelitian mengenai bagaimana model bisnis yang diterapkan sehingga perusahaan
dapat terus berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi elemen elemen business model canvas dan memetakan elemen-elemen tersebut pada business
model canvas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada CV. XYZ model bisnis yang diterapkan
adalah model bisnis B2B dan pada model bisnis teridentifikasi sembilan elemen
business model canvas, yang membuat model bisnis CV. XYZ dapat terus berjalan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]