Analisis Isi Promosi Produk Furnitur dengan Klaim Hijau di Instagram
Abstract
Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan mendorong perusahaan menerapkan konsep ramah lingkungan dan mengklaim produknya ramah lingkungan, salah satunya pada produk furnitur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik produk, unggahan promosi, dan karakteristik klaim hijau pada promosi produk furnitur serta pemenuhannya terhadap UUPK. Penelitian dilakukan dengan menganalisis isi 200 unggahan promosi produk furnitur dengan klaim hijau di Instagram. Data diolah secara deskriptif menggunakan IBM SPSS Statistic 25.0 dan Voyant Tools. Hasil analisis menunjukkan bahwa unggahan paling banyak memiliki elemen bahan ramah lingkungan (78%), bersifat subjektif (60,5%), berorientasi produk (85,5%) dan terkategori ambigu (65%). Analisis terhadap UUPK menunjukkan bahwa pasal 9 merupakan pasal yang paling banyak (59,5%) dilanggar oleh pelaku usaha. Perlu adanya kerjasama antara konsumen, pelaku usaha serta pemerintah untuk mengurangi peredaran klaim hijau yang mengelabui pada promosi produk furnitur.