Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Kakao Pabrik Mini Chokato, Kota Payakumbuh
Abstract
Pabrik Mini Chokato merupakan salah satu industri di Kota Payakumbuh yang telah mampu memproduksi berbagai macam produk lanjutan dari kakao. Pabrik Mini Chokato saat ini masih berproduksi dalam skala kecil. Penelitian ini bertujuan menganalisis bauran pemasaran produk olahan kakao, mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan, kemudian merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran produk Pabrik Mini Chokato. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan AHP. Hasil analisis matriks IFE Pabrik Mini Chokato memiliki empat kekuatan dan lima kelemahan, dan pada matriks EFE Pabrik Mini chokato memiliki lima peluang dan empat ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks IE, Pabrik Mini Chokato berada pada posisi tumbuh dan bina. Berdasarkan analisis matriks SWOT didapatkan enam alternatif strategi. Prioritas strategi yang dihasilkan dari analisis hirarki proses adalah merencanakan volume produksi yang lebih optimal agar total biaya produksi efisien sehingga meminimalkan resiko dan harga dapat bersaing di pasar.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]