Persepsi dan Perilaku Konsumen Pelaku Bisnis terhadap Susu Sapi Ultra High Temperature (UHT) di Wilayah DKI Jakarta
Date
2022Author
Raditya, Muhammad Yusuf
Taufik, Epi
Cyrilla ENSD, Lucia
Metadata
Show full item recordAbstract
Susu segar biasanya diolah melalui proses pemanasan salah satunya adalah
dengan teknik Ultra-high temperature (UHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi karakteristik dan persepsi konsumen bisnis terhadap susu sapi
UHT, menganalisis hubungan antara persepsi dan karakteristik konsumen bisnis
susu sapi UHT serta mengidentifikasi perilaku konsumen dalam proses
pengambilan keputusan pembelian susu sapi UHT di wilayah DKI Jakarta. Metode
penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskrips ikan
persepsi, karakteristik dan perilaku konsumen bisnis. Uji korelasi Rank Spearman
digunakan untuk menganalisis hubungan antara persepsi dengan karakteristik
konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen bisnis yang
menggunakan susu sapi UHT di wilayah DKI Jakarta mayoritas merupakan pelaku
usaha cafe dan kios usaha mikro dan kecil, dengan lama usaha 2 tahun dan
pendapatan dari Rp.5.000.000 hingga Rp.50.000.000 per bulan. Hasil rataan skor
persepsi terhadap susu sapi UHT mendapat skor 3,143. Tingkat signifikas i
hubungan antara karakteristik konsumen terhadap persepsi konsumen tidak
signifikan dan tidak berpengaruh nyata (P>0.05). Fresh milk is usually processed through a heating process, one of which is
Ultra-high temperature (UHT). The purpose of this study was to identify the
characteristics and perceptions of business consumers towards UHT cow's milk,
analyze the relationship between perceptions and characteristics of UHT cow's milk
business consumers and identify consumer behavior in the decision-making process
of purchasing UHT cow's milk in the DKI Jakarta area. The research method used
is descriptive analysis to describe perceptions, characteristics and behavior of
business consumers and Spearman Rank correlation test to determine the
relationship between perceptions and consumer characteristics. The result showed
that most of business consumers who used UHT cow's milk in the DKI Jakarta area
were cafe and micro and small enterprises business actors, with a business duration
of 2 years and income from Rp. 5,000,000 to Rp. 50,000,000 per month. The
average perception score of UHT cow's milk got a score of 3,143. The significa nce
level of the relationship between consumer characteristics and consumer
perceptions was not significant and had no significant effect (P>0.05).