Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Republik Indonesia
Abstract
Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jam Datun) merupakan unit kerja Kejaksaan Republik Indonesia yang menyelenggarakan fungsi pelayanan publik di bidang perdata dan tata usaha negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna layanan di Jam Datun, menganalisis variabel layanan yang memiliki tingkat kepentingan terhadap kepuasan pengguna layanan di Jam Datun, dan merekomendasikan alternatif strategi untuk meningkatkan kualitas layanan di Jam Datun. Penelitian ini menggunakan teknik survei secara daring kepada pengguna layanan di Jam Datun yang teregister pada tahun 2021, terdiri dari Instansi Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Anak Perusahaan BUMN dan afiliasinya, serta Konsorsium BUMN. Data diolah menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA), kemudian hasil dari kedua analisis tersebut dijadikan dasar untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Jam Datun menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil CSI adalah 85.58% menunjukkan bahwa indeks kepuasan pengguna layanan di Jam Datun masuk dalam kategori "Sangat Puas", sedangkan berdasarkan perhitungan IPA, diperoleh atribut terpenting berdasarkan persepsi pengguna layanan adalah kejelasan informasi tahapan-tahapan penanganan perkara atau pelayanan hukum, dan kelengkapan hasil penanganan perkara atau pelayanan hukum yang dapat menjawab seluruh permasalahan.
Hasil analisis AHP menunjukan bahwa prioritas sasaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan Jam Datun yaitu perlindungan bagi Institusi maupun Jaksa Pengacara Negara (JPN) dengan nilai 0.73, dan meningkatkan profesionalisme dengan nilai 0.26. Strategi yang paling efektif yang berimplikasi secara manajerial untuk meningkatkan kualitas pelayanan Jam Datun berdasarkan urutan prioritas strategi yaitu pengembangan pegawai berbasis kompetensi (0.41), optimalisasi penilaian kepuasan terhadap pelayanan (0.21), peningkatan standar pelayanan (0.13), pengembangan marketing communication (0.13), dan penerapan budaya pelayanan prima (0.10).
Collections
- MT - Economic and Management [2972]