Pengaruh Shopee Affiliates Program terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian
Abstract
QISTAN WICAKSONO. Pengaruh Shopee Affiliates Program Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Dibimbing oleh PUDJI MULJONO dan EKO RUDDY CAHYADI.
Pertumbuhan ecommerce yang ada di Asia Tenggara semakin berkembang salah satunya adalah Indonesia. Perkembangan ecommerce ini kemudian menghasilkan persaingan antara satu dengan yang lainnya. Shopee sebagai salah satu ecommerce terbesar di Indonesia kemudian selalu berinovasi dan membuat program-program agar konsumen semakin nyaman dan senang menggunakan aplikasi Shopee. Salah satu inovasi yang di lakukan Shopee adalah melakukan pemasaran afiliasi dengan nama Shopee affiliates program.
Shopee affiliates program adalah program untuk mendapatkan pengasilan tambahan dengan menjadi content creator yang mempromosikan berbagai macam produk di media sosial. Syarat terpenting yang harus dipenuhi agar dapat menjadi member Shopee affiliates program sangatlah mudah yaitu dengan memiliki media sosial sebagai alat untuk media promosi dan membagikan link. Aktifitas yang dilakukan agar member Shopee affiliates program mendapatkan komisi adalah jika konsumen membeli produk shopee melalui link yang telah dibagikan oleh member Shopee affiliates program.
Penelitian ini menganalisis pengaruh Shopee affliates program terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Penelitian ini dilangsungkan pada bulan Februari 2022 hingga April 2022. Responden yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah 145 renponden dengan komposisi 45 orang laki-laki dan 100 orang perempuan. Untuk rentan usia responden mulai dai 17 tahun hinggan diatas 50 tahun sedangkan rentan pendidikan responden adalah mulai dari SMA hingga S2. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan tools microsoft excel, dan dilakukan analisis secara deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden serta presepsi responden tentang variabel penelitian dan dianalisis dengan metode Structural Equation Modelling dan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil penelitian ini yang pertama menunjukan bahwa Shopee Affiliates Program terhadap minat beli memiliki hubungan positif. Kedua, hubungan antara Shopee Affiliates Program terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan positif juga. Hasil yang berbeda dalam hubungan Shopee Affiliates Program terhadap keputusan pembelian menunjukan hasil tidak berpengaruh. Dari hasil penelitian ini, strategi perushaan dirasa sudah cukup baik dengan menggunakan Shopee affiliates program jika tujuan perusahaan ingin menjangkau eksposur, brand awareness dan traffic, namun apabila jangkauan yang ingin di raih perushaan adalah end user maka perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian karena pada variabel ini memiliki hubungan yang positif dengan Shopee affiliates program tetapi tidak berpengaruh secara signifikan.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]