Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Produk, dan Pembelian Impulsif pada Festival Belanja Online terhadap Kerentanan Konsumen Pengguna Paylater
Abstract
Perkembangan metode pembayaran paylater dan maraknya festival belanja online menimbulkan peluang terjadinya kerentanan konsumen dan perilaku pembelian impulsif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, pengetahuan produk, dan pembelian impulsif terhadap kerentanan konsumen pengguna paylater. Desain penelitian menggunakan cross sectional study secara voluntary sampling berjumlah 274 orang pengguna paylater dan pernah menggunakan metode pembayaran paylater selama festival belanja online. Analisis data menggunakan analisis SEM, deskriptif, dan uji korelasi menggunakan LISREL 8.80 dan SPSS versi 25. Hasil uji korelasi menunjukkan usia dan status pekerjaan memiliki hubungan positif signifikan dengan pembelian impulsif. Analisis SEM menunjukkan literasi keuangan secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap pengetahuan produk dan memiliki pengaruh negatif signifkan terhadap pembelian impulsif. Pembelian impulsif secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap kerentanan konsumen. Pemerintah dapat berkolaborasi dengan influencer agar memiliki jangkauan lebih luas dalam mengedukasi masyarakat untuk bijak menggunakan metode pembayaran paylater dan mengelola keuangan.