Strategi Pemasaran Kedai Kopi Wirajuara di Kabupaten Indramayu
Abstract
Saat ini, pertumbuhan kedai kopi di Indonesia sangat meningkat salah satunya adalah Kedai Kopi Wirajuara. Tingkat persaingan kedai kopi yang cukup tinggi menyebabkan Kedai Kopi Wirajuara harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk mampu bersaing dengan para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi Kedai Kopi Wirajuara, merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Kedai Kopi Wirajuara, menentukan prioritas alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk diterapkan oleh Kedai Kopi Wirajuara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis perumusan tiga tahap yang terdiri dari tahap masukan, tahap pencocokan dan tahap pengambilan keputusan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kedai Kopi Wirajuara memiliki tujuh kekuatan dan empat kelemahan serta empat peluang dan tiga ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi pemasaran dengan prioritas strategi yaitu mengembangkan produk yang berbeda dengan pesaing. Currently, the growth of coffee shops in Indonesia is increasing, one of which is the Wirajuara coffee shop. The level of competition for coffee shops is relatively high, causing Wirajuara coffee shop to have the right marketing strategy to compete with its competitors. This study aims to identify internal and external factors that affect Wirajuara coffee shop, formulate alternative marketing strategies that can be applied by Wirajuara coffee shop, and determine the priority of alternative marketing strategies that are recommended to be applied by Wirajuara coffee shop. The method used in this research is descriptive analysis and three-stage formulation analysis consisting of the input stage, the matching stage, and the decision-making stage. The tools used in this research are the IFE matrix, EFE matrix, SWOT matrix, and QSPM matrix. The results of the analysis showed that Wirajuara Coffee Shop has seven strengths and four weaknesses as well as four opportunities and three threats. Based on the result of the SWOT matrix analysis, there are seven alternative marketing strategies with strategic priorities, namely developing products that are different from competitors.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]