Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI pada Generasi Milenial Kota Jakarta Barat
Abstract
Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari yang rutin dibeli oleh perempuan generasi milenial. Namun, di Kota Jakarta Barat masih ditemukan produk kosmetik palsu dan ilegal serta tidak memiliki label halal sehingga produk tersebut belum terjamin kehalalannya serta bahan-bahan yang terkandung masih diragukan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik generasi milenial Jakarta Barat serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi generasi milenial Kota Jakarta Barat dalam pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel halal MUI. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang berdomisili di Kota Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas, persepsi label halal, kelompok acuan, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal MUI oleh generasi milenial Kota Jakarta Barat. Cosmetics is one of the daily necessities that are routinely purchased by female of millennial generation. However, in the City of West Jakarta, fake and illegal cosmetic products are still found and do not have a halal label so that the product is not guaranteed to be halal and the ingredients contained are still in doubt. This study aims to identify the characteristics of the millennial generation in West Jakarta and analyze the factors that influence the millennial generation in the city of West Jakarta in making decisions to purchase cosmetics labeled halal MUI. The sample of this study amounted to 100 respondents who live in the city of West Jakarta. The method used in this research is descriptive analysis and logistic regression analysis. The results showed that the variables of religiosity, perception of halal labels, reference groups, and lifestyle had a positive and significant effect on purchasing decisions for cosmetics labeled with halal MUI labels by the millennial generation of West Jakarta City.
Collections
- UT - Syariah Economic [466]