Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Waroeng Nasi Djembat GS Melalui Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Pengembangan UMKM di Indonesia merupakan salah satu faktor utama dalam pembangunan perekonomian nasional khususnya bagi Kabupaten Bogor, yang mana dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi nasional berakibat kepada menurunnya perekonomian di Kabupaten Bogor. Waroeng Nasi Djembat GS merupakan salah satu UMKM di bidang kuliner yang menyajikan masakan khas daerah sunda dengan nuansa tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis yang digunakan oleh Waroeng Nasi Djembat GS dalam bentuk Business Model Canvas, menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha bisnis, dan memperoleh alternatif strategi pengembangan usaha yang baru dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas dan analisis SWOT. Metode yang digunakan bersifat analisis deskriptif kualitatif berupa wawancara secara mendalam kepada pihak internal, observasi secara langsung, dan wawancara terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi alternatif yang dapat dikembangkan oleh Waroeng Nasi Djembat GS yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki dengan memberikan edukasi serta penambahan tenaga kerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Alternatif lain melalui pemanfaatan teknologi yang kini semakin berkembang berupa pemasaran secara online dan meningkatkan branding melalui media sosial serta membangun hubungan baik dengan para mitra. The development of UMKM in Indonesia is one of the main factors in national economic development, especially for Bogor Regency, where the decline in national economic growth results in a decline in the economy in Bogor Regency. Waroeng Nasi Djembat GS is one of the UMKM in the culinary field that serves Sundanese specialties with traditional nuances. This study aims to map the business model used by Waroeng Nasi Djembat GS in the form of a Businesses and obtain new alternative business development strategies using the Business Model Canvas approach and SWOT analysis. The method that used by descriptive qualitative analysis in the form of in-depth interviews with internal parties, direct observations, and interview on customer satisfaction. The results of this study indicate that an alternative strategy that can be developed by Waroeng Nasi Djembat GS is to improve the quality of its power by providing education and adding workers to improve service quality. Another alternative is through the using of technology which is now growing in the form of online marketing and increasing branding through social media as well as building good relationships with partners.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]