Strategi Pemasaran Susu Sapi pada Serambi Milk di Kota Padang Panjang
Abstract
Serambi Milk merupakan salah satu dari tiga perusahaan susu sapi di Kota Padang Panjang. Serambi Milk mengalami penurunan pendapatan dari penjualan susu sapi setelah adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis internal dan eksternal pada Serambi Milk, merumuskan berbagai alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal maupun eksternal Serambi Milk, dan menentukan prioritas alternatif strategi pemasaran untuk diimplementasikan oleh Serambi Milk. Metode analisis yang digunakan yaitu, analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Hasil analisis matriks IFE Serambi Milk memiliki lima kekuatan dan empat kelemahan, dan pada matriks EFE Serambi Milk memiliki lima peluang dan dua ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks IE, Serambi Milk berada pada posisi tumbuh dan membangun. Berdasarkan analisis matriks SWOT didapatkan tujuh alternatif strategi. Prioritas strategi yang dihasilkan dari analisis matriks QSP adalah memberikan potongan harga atau diskon. Saran dari penelitian ini adalah Serambi Milk mengimplementasikan prioritas strategi pemasaran yaitu memberikan potongan harga atau diskon dengan syarat minimal pembelian.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]