Analisis Potensi dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Ekspor Udang Beku Indonesia di Pasar Non Tradisional
Abstract
Udang beku merupakan salah satu jenis udang yang diekspor dari hasil
perikanan dan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai
salah satu komoditas andalan pada sektor perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis potensi dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor udang beku
Indonesia di pasar non tradisional. Metode penelitian yang digunakan yaitu RCA,
EPD, dan X-Model untuk menganalisis potensi ekspor serta metode regresi data
panel untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor udang beku
Indonesia di pasar non tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa udang beku
Indonesia memiliki potensi yang baik di beberapa negara tujuan pasar non tradisional
untuk dikembangkan ekspor. Hasil estimasi pada regresi data panel menunjukkan
bahwa variabel GDP riil perkapita negara tujuan, jarak ekonomi, harga ekspor, nilai
tukar riil, pertumbuhan populasi, serta Logistic Performance Index (LPI) Indonesia
dan negara tujuan ekspor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekspor udang
beku Indonesia ke pasar non tradisional. Frozen shrimp is one type of shrimp that is exported from fishery products and
has enormous potential to be developed as one of the mainstay commodities in the
fisheries sector. This study aims to analyze the potential and factors that influence
the export of Indonesian frozen shrimp in non-traditional markets. The research
methods used are RCA, EPD, and X-Model to analyze export potential and panel
data regression method to analyze the factors that influence Indonesia's froz en
shrimp exports in non-traditional markets. The results showed that Indonesian frozen
shrimp have good potential in several non-traditional market destination countries
for export development. The estimation results in panel data regression show that the
variables of real GDP per capita of destination countries, economic distance, export
prices, real exchange rates, population growth, as well as Indonesia's Logistic
Performance Index (LPI) and export destination countries have a significant
influence on Indonesia's frozen shrimp exports to other countries. non-traditional
market.