Kinerja Bauran Pemasaran Penalama Coffee & Talk di Kota Bogor Berdasarkan Persepsi Konsumen
Abstract
Meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia didukung oleh banyaknya usaha
minuman kopi salah satunya, yaitu Penalama Coffee & Talk. Penalama Coffee &
Talk mengalami beberapa masalah, seperti tingginya persaingan produk kopi, harga
yang harus kompetitif, berlokasi terpencil, promosi, keterlambatan karyawan, SOP
yang tidak sesuai, dan masalah pada fasilitas pendukung. Sehingga membutuhkan
evaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan bagi
konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja
bauran pemasaran di Penalama Coffee & Talk. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan
Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
karakteristik konsumen didominasi oleh konsumen yang berusia 17-25 tahun, lakilaki, domisili Kota Bogor, belum menikah, pegawai swasta dengan pendapatan per
bulan mencapai >Rp5.000.000, pendidikan terakhir yang ditempuh, yaitu
pendidikan akademik (S1/S2/S3), dan frekuensi kunjungan 1-4 kali/bulan.
Berdasarkan analisis CSI diperoleh hasil sebesar 88,64 dan analisis IPA diperoleh
bahwa atribut lokasi menjadi prioritas utama dalam perbaikan kinerja.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]