Keputusan Pembelian Kosmetik Halal melalui E-commerce oleh Generasi Milenial Jabodetabek
Abstract
Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia dan juga merupakan negara yang menempati urutan kedua setelah India sebagai konsumen terbesar kosmetik halal global. Namun, sampai saat ini belum semua kosmetik yang beredar di Indonesia sudah bersertifikasi halal. Kosmetik menjadi salah satu produk yang paling sering dibeli oleh konsumen di e-commerce, termasuk generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian kosmetik halal melalui e-commerce oleh generasi milenial Jabodetabek. Metode yang digunakan adalah metode analisis SEM-PLS untuk mengetahui pengaruh religiusitas, faktor pribadi, faktor budaya, faktor psikologis, kualitas produk dan indikator harga terhadap keputusan pembelian. Indikator yang digunakan pada setiap variable penelitian ini telah dimodifikasi untuk menggambarkan indikator faktor yang memengaruhi pembelian kosmetik melalui e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, faktor pribadi, faktor psikologis, dan indikator harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik halal. Sementara, faktor sosial dan kualitas produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik halal.
Collections
- UT - Syariah Economic [394]