Strategi Bisnis Multiple Case Coffee Shop dalam Menghadapi Era New Normal di Kota Kediri
Abstract
Coffee shop sendiri sudah sangat menjamur di Indonesia, kenaikan coffee shop yang
begitu cepat menyebabkan persaingan juga semakin ketat. Tak hanya itu,
munculnya virus Covid-19 menyebabkan pandemi membuat beberapa sektor
terkena dampaknya mulai dari ekonomi hingga sektor makanan dan minuman.
Adanya pandemi serta pertumbuhan coffee shop yang begitu cepat menyebabkan
dampak yang buruk bagi perkembangan usaha serta pendapatan di bidang usaha
makanan dan minuman di Indonesia salah satunya di Kota Kediri. Oleh karena itu
perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat untuk kelima
coffee shop yakni Okui, SK , Homely ,Alinea dan Talk melalui metode analisis
deskriptif dan analisis perumusan yang terdiri dari tahap pencocokan dan tahap
pengambilan keputusan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah STP
(Segmenting, Targetting, Positioning) dan 7P sebagai analisis internal serta PEST
dan Porter’s Five Forces sebagai analisis eksternal dan diakhiri dengan matriks
SWOT. Hasil analisis dari 7P dan STP terdapat sembilan kekuatan dan tiga
kelemahan serta hasil analisis dari PEST dan Porter’s five forces terdapat tiga
peluang dan empat ancaman. Berdasarkan hasil identifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman dengan menggunakan matriks SWOT didapat lima alternatif
strategi yang dapat diterapkan untuk kelima coffee shop.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]