Kinerja Koperasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Koperasi Kredit Mitra Sejahtera
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kinerja Koperasi Kredit Mitra Sejahtera dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Belum adanya pengukuran yang menyeluruh dan terus terjadinya penurunan SHU menjadi alasan dipilihnya Koperasi Kredit Mitra Sejahtera menjadi objek penelitian. Pengukuran kinerja koperasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dan pengambilan data dilakukan secara purposive dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil pengukuran kinerja koperasi menunjukkan bahwa perspektif pelanggan menjadi perspektif yang paling menjadi prioritas (0,538). Perspektif berikutnya yang menjadi prioritas secara berurutan adalah keuangan (0,174), proses bisnis internal (0,174) serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran (0,115). Kemudian pengukuran kinerja koperasi secara keseluruhan mendapatkan nilai 63,52% dan mendapatkan predikat kurang sehat dengan nilai BBB. Kinerja masing-masing perspektif secara berurutan adalah perspektif pelanggan (32,21%), proses bisnis internal (15,44%), keuangan (9,16%) serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran (6,72%). Kata kunci: Balanced Scorecard, Kinerja Koperasi, Koperasi.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]