Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Kedai Kopi Warung Pinus di Kabupaten Subang
View/ Open
Date
2022Author
Darmawan, Edwin Hengky
Burhanuddin, Burhanuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Warung Pinus merupakan salah satu usaha Kedai Kopi yang bersaing di
industri restoran Kabupaten Subang. Perkembangan kedai kopi di Kabupaten
Subang yang meningkat setiap tahunnya mengakibatkan tingkat persaingan
semakin tinggi. Cara yang dapat dilakukan oleh Kedai Kopi Warung Pinus untuk
dapat mempertahankan pelanggannya yaitu dengan memberikan produk dan
layanan terbaik kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
karakteristik, tingkat kepuasan, tingkat loyalitas, serta pengaruh kepuasan terhadap
loyalitas pelanggan Kedai Kopi Warung Pinus di Kabupaten Subang. Penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), Important
Performance Analysis (IPA), dan Analisis Loyalitas. Jumlah responden dalam
penelitian ini adalah 100 responden. Karakteristik pelanggan Kedai Kopi Warung
Pinus sebagian besar merupakan generasi milenial dengan rentang usia terbanyak
terdapat pada 16-24 tahun. Berdasarkan hasil analisis CSI, tingkat kepuasan
pelanggan terhadap atribut Kedai Kopi Warung Pinus adalah 79,74 persen.
Sedangkan hasil dari IPA menunjukkan bahwa ketersediaan tampilan menu,
kesigapan dalam merespon pertanyaan, dan kesigapan pramusaji saat dipanggil
merupakan prioritas utama dalam perbaikan kinerja atribut untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan. Dan tingkat loyalitas pelanggan terhadap Kedai Kopi Warung
Pinus menunjukkan bahwa pelanggan dengan kategori commited buyer cukup
rendah dengan nilai 15 persen, hal tersebut membuktikan bahwa pelanggan Kedai
Kopi Warung Pinus belum termasuk kedalam pelanggan yang loyal. Hasil Rank
Spearman menunjukan bahwa pelanggan Kedai Kopi Warung Pinus yang merasa
puas belum tentu loyal.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]