Perilaku Konsumsi Hijau Konsumen Muda Indonesia: Peran Pengetahuan, Tanggung Jawab, dan Sikap terhadap Lingkungan
Abstract
Konsumsi merupakan salah satu penyebab masalah lingkungan yang harus segera diatasi. Konsumen sebagai pelaku utama kegiatan konsumsi memiliki tanggung jawab utama dalam aksi penyelamatan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan lingkungan, tanggung jawab lingkungan, dan sikap lingkungan terhadap perilaku konsumsi hijau di kalangan konsumen muda Indonesia. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan metode pengumpulan data berupa survei online¸ wawancara mendalam, dan observasi. Sebanyak 328 responden terlibat sebagai contoh dalam penelitian menggunakan teknik voluntary sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan SEM menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 dan LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang positif signifikan pengetahuan lingkungan terhadap tanggung jawab lingkungan, sikap lingkungan, dan perilaku konsumsi hijau. Tanggung jawab lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap lingkungan. Sikap lingkungan berpengaruh positif signifikan perilaku konsumsi hijau. Pengetahuan, tanggung jawab lingkungan, dan perilaku konsumsi hijau konsumen muda Indonesia berada pada kategori sedang sedangkan sikap lingkungan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian perlu peningkatan pengetahuan dan tanggung jawab konsumen terhadap lingkungan untuk mendorong peningkatan perilaku konsumsi hijau. Consumption is one of the causes of environmental problems that must be addressed immediately. Consumers as the main actors in consumption activities have the main responsibility in environmental saving actions. The purpose of this study was to analyze the effect of environmental knowledge, environmental responsibility, and environmental attitudes on green consumption behavior among young Indonesian consumers. This study uses mixed methods with data collection methods in the form of online surveys, in-depth interviews, and observations. A total of 328 respondents were involved as a sample in the study using voluntary sampling technique. Data analysis was carried out descriptively and SEM using SPSS 25.0 and LISREL 8.80. The results of this study indicate a significant positive effect of environmental knowledge on environmental responsibility, environmental attitudes, and green consumption behavior. Environmental responsibility has a significant positive effect on environmental attitudes. Environmental attitudes have a significant positive effect on green consumption behavior. Knowledge, environmental responsibility, and green consumption behavior of young Indonesian consumers are in the medium category while environmental attitudes are in the high category. Thus, it is necessary to increase consumer knowledge and responsibility towards the environment to encourage an increase in green consumption behavior.