Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Restoran Cepat Saji (Studi Kasus Chick 'N Tea Dramaga)
Date
2022Author
Utami, Meriam Nur
E.N.S.D Cyrilla, Lucia
Apriantini, Astari
Metadata
Show full item recordAbstract
Restoran Chick ‘N Tea merupakan restoran cepat saji yang menjual ayam
tepung bumbu yang terletak di Kecamatan Dramaga dan cukup banyak diminati
karena rasanya yang lezat, harga terjangkau juga penyajiannya yang singkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan pengaruh
kepuasan terhadap loyalitas konsumen Chick ‘N Tea Dramaga. Kepuasan
konsumen menjadi kunci penting dan berkaitan dengan loyalitas konsumen. Hasil
uji Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan sebesar 84,25% yang berarti
merasa puas mengonsumsi produk Restoran Chick ‘N Tea Dramaga. Uji analisis
deskriptif loyalitas konsumen didapatkan hasil 2,84 yang berarti konsumen loyal
terhadap produk Chick ‘N Tea. Hasil uji t menyatakan bahwa adanya pengaruh
positif dan signifikan antara variabel kepuasan dengan variabel loyalitas pada
konsumen. Uji koefisien determinasi memiliki hasil sebanyak 21,5% loyalitas
konsumen dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, sisanya sebanyak 78,5%
dipengaruhi dari faktor lain yang tidak dikaji di dalam penelitian ini.