Desain Pengalaman Pengguna Web Patriot Pangan Sebagai Sarana E-Initiative Dengan Menggunakan Five Planes Usability
Abstract
Kerawanan pangan merupakan salah satu masalah terbesar yang terjadi di
Indonesia dan belum teratasi hingga saat ini. Salah satu dampak dari kerawana
pangan ialah kekurangan gizi dan terjadinya stunting pada balita. Pada penelitian
sebelumnya telah menganalisis kebutuhan pengguna dalam berdonasi dan juga
telah membuat prototipe untuk aplikasi mobile Patriot Pangan. Oleh karena itu pada
penelitian kali ini, bertujuan merancang desain pengalaman pengguna untuk web
Patriot Pangan sampai tahap medium-fidelity dengan menggunakan five planes
usability yang memiliki lima tahapan yaitu strategy, scope, structure, skeleton dan
surface. Patriot Pangan memiliki tujuan bisnis melakukan donasi uang dan barang
untuk meringankan beban anggaran pemerintah dalam mengatasi kerawanan
pangan di Indonesia. Berdasarkan penelitian sebelumnya Patriot Pangan
mempunyai 15 task. Pada tahap structure dilakukan dengan menggunakan
hierachical task analysis (HTA), lalu pada tahap skeleton menggunakan teknik
paper prototyping dan pada tahap terakhir yaitu surface planes menghasilkan
design guidelines dan prototipe yang dikembangkan sampai tahap medium fidelity
dengan menggunakan aplikasi MarvelApp.
Collections
- UT - Computer Science [2236]