Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan Entrepreneurial Marketing terhadap Keberhasilan UMKM Makanan Olahan Organik
Abstract
Penggunaan sosial media telah diadopsi pelaku usaha untuk mencapai tujuan usaha. Terbentuknya kesadaran akan kesehatan dan keberlanjutan membuka peluang bagi pelaku usaha untuk merintis usaha makanan olahan organik, meskipun terdapat kendala pemasaran mengenai informasi makanan organik. Pemasaran kewirausahaan sebagai pendekatan pemasaran yang lebih tepat untuk keterbatasan sumber daya pada UMKM, mengindikasikan bagaimana presepsi pelaku usaha menggunakan sosial media sebagai alokasi sumber daya untuk keperluan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi karakteristik pelaku usaha dan karakteristik usaha pada UMKM makanan olahan organik, (2) menganalisis pengaruh penggunaan sosial media dan entrepeneurial marketing teradap keberhasilan UMKM makanan olahan organik, (3) menganalisis faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi terhadap keberhasilan UMKM makanan olahan organik.
Penelitian ini dilakukan di Komunitas Organik Indonesia chapter Jabodetabek dengan total populasi 400 UMKM sejak Desember 2020 hingga Maret 2021. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dari 63 responden yang menggunakan sosial media untuk keperluan usaha. Selanjutnya, data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang terkait dengan penelitian seperti buku, jurnal, penelitian sebelumnya dan internet. Metode pengumpulan sampel dilakukan dengan menerapkan non-probability sampling melalui teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis desktiptif dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelaku usaha makanan olahan organik secara umum termasuk pada kelompok dengan tingkat pendidikan tinggi. Karakteristik usaha makanan olahan organik Komunitas Organik Indonesia chapter Jabodetabek merupakan usaha yang baru berdiri dan usaha yang dirintis menjadi tambahan pendapatan kebutuhan keluarga. Berdasarkan analisis SEM menunjukkan bahwa penggunaan sosial media untuk pemasaran, hubungan dan layanan pelanggan, dan aksesibilitas informasi memiliki pengaruh secara langsung dan parsial terhadap entrepreneurial marketing. Selain itu, penggunaan sosial media untuk pemasaran dan aksesibilitas informasi memiliki pengaruh langsung yang dapat meningkatkan keberhasilan usaha meskipun pengguanaan sosial media untuk hubungan dan layanan pelanggan tidak memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha. Di sisi lain, entrepreneurial marketing juga memiliki pengaruh langsung terhadap keberhasilan usaha. Secara umum penggunaan sosial media dengan diiringi penerapan entrepreneurial marketing yang baik dapat memberikan pengaruh dalam mencapai keberhasilan usaha. Social media usage has been adopted by entrepreneurs to achieve their business goal. The rise of health and sustainability awareness has opened an opportunity for entrepreneurs to start organic processed food business despite the marketing obstacle about organic food informations. Entrepreneurial marketing is considered as a more appropriate marketing approach for limitation in MSMEs which is able to indicate the perception of entrepreneurs who use the social media for overcoming technology and information resource obstacle. This study was aimed to: (1) identify the characteristics of entrepreneurs and business characteristics of organic processed food MSMEs, (2) analyze effect of social media usage and entrepeneurial marketing on the success of organic processed food MSMEs, (3) analyze factors dominantly affecting the success of organic processed food MSMEs.
The study was conducted on Komunitas Organik Indonesia in Greater Jakarta (Jabodetabek) with a total population of 400 MSMEs from December 2020 to March 2021. The data source used were primary data obtained from online distribution of questionnaire and secondary data. The primary data were collected from 63 respondents which use social media on business purpose. Furthermore, secondary data were collected from various source of literature related to the study, such as journal, previous study, and internet. Sample collection method was done by applying non-probability sampling through the technique of purposive sampling. Data analysis used in this study included descriptive analysis and Strucural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) analysis.
Result of study showed that the characteristics of organic processed food entrepreneurs was generally included in group with high level of education. The organic processed food business success was characterized as newly established business which provides additional income to support family needs. Based on the result of SEM analysis, the use of social media for marketing, customer relation and service, and accessibility of information directly and partially affected entrepreneurial marketing. Moreover, social media usage for marketing and information accessibility was found to have direct effect which could improve business success even though social media usage for customer relation and service did not affect business success. On the other hand, entrepreneurial marketing also directly influenced business success. To conclude, the use of social media together with application of excellent entrepreneurial marketing will have effect on achieving business success.
Collections
- MT - Economic and Management [2971]