Strategi Pengembangan Pelayanan Pasien BPJS dan Non BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor
Date
2020-02-11Author
Nursyarif, Nauval
Daryanto, Arief
Hannan, Sufrin
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu inovasi dibidang kesehatan Indonesia adalah penyelenggaraan
Badan Penyeleggara Jaminan Sosial (BPJS), kesuksesan program BPJS dapat
dilihat dari jumlah pengguna BPJS di Indonesia yaitu sebanyak 217,5 juta peserta
atau 81,8% populasi Indonesia pada tahun 2018, kesuksesan program ini
didukung dengan kebijakan dari pemerintah Indonesia yaitu seluruh rumah sakit
di indonesia harus menyelenggarakan program BPJS.
Salah satu penyelenggara program BPJS adalah Rumah Sakit Umum
Daerah Kota (RSUD Kota Bogor) dengan mayoritas pasien rumah sakit adalah
pasien BPJS, yaitu 92.85% dari total pasien RSUD Kota Bogor di tahun 2017,
tetapi pada tahun 2018 terjadi perubahan peraturan mengenai sistem rujukan rumah
sakit sehingga RSUD mengalami penuruan jumlah pasien BPJS yaitu menjadi
90.11% dari total pasien RSUD Kota Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah
Mengidentifikasi dan memetakan kondisi existing RSUD Kota Bogor,
Mengidentifikasi dan menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang
menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan RSUD Kota Bogor
menggunakan metode SWOT dan Merumuskan Arsitektur Strategik yang tepat
untuk diterapkan oleh RSUD Kota Bogor, metode arsitektur strategik dipilih karena
memiliki karakter strategi yang fleksibel dengan jangka waktu yang cukup panjang,
sehingga bila ada perubahan pada Bisnis atau terdapat tantangan baru di masa depan
RSUD Kota Bogor dapat mengatasinya.
Hasil analisis menggunakan SWOT menunjukan bahwa RSUD Kota Bogor
memiliki 8 Kekuatan, 4 Kelemahan, 5 Peluang dan 2 Ancaman. Dengan 6 strategi
S-O (agresif), 3 Strategi W-O (Konservatif), 2 strategi S-T ( Kompetitif) dan 1
Strategi WT (Defensif), lebih spesifiknya dari keseluruhan strategi tersebut RSUD
memiliki 4 alternatif strategi untuk pengembangan pelayan pasien BPJS dan 8
alternatif strategi dalam pengembangan pelayanan pasien non BPJS. Dari pilihan
strategi ini tercipta suatu arsitektur strategik yang berbentuk road map bagi RSUD
Kota Bogor yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam melakukan
pengembangan Bisnis dalam 4 tahun kedepan.
Collections
- MT - Business [484]