Minat Beli dan Willingness To Pay Generasi Milenial dan Generasi Z Kota Bandar Lampung Terhadap Kosmetik Halal Merek Lokal.
Abstract
Besarnya pangsa pasar kosmetik di Indonesia saat ini belum sepenuhnya diiringi dengan kesadaran yang tinggi dari konsumen dan produsen kosmetik lokal akan pentingnya label halal terlihat dari sertifikasi halal yang belum didapatkan oleh seluruh produk kosmetik lokal yang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli dan willingness to pay Generasi Milenial (Generasi Y) dan Generasi Z Kota Bandar Lampung terhadap
kosmetik halal lokal dengan menggunakan metode SEM-PLS untuk menganalisis pengaruh setiap variabelnya dan CVM untuk menganalisis jumlah tambahan biaya yang rela dikeluarkan untuk mendapatkan kosmetik merek lokal yang berlabel halal. Hasil penelitian menemukan bahwa citra merek dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan pada willingness to pay, baik secara langsung maupun tidak langsung
dengan mediasi melalui minat beli terlebih dahulu sebagai variabel intervening. Minat beli sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Willingness to pay. Berdasarkan hasil analisis CVM besaran tambahan biaya yang rela dibayarkan untuk mendapatkan kosmetik lokal yang berlabel halal adalah sebesar Rp23.280,00. The large cosmetic market share in Indonesia has not been fully accompanied by high awareness from consumers and local cosmetic manufacturers about the importance of halal labels that’s showed by the halal certification which has not been obtained thoroughly by local cosmetic products. This study aims to analyze the factors that influence purchase intention and willingness to pay Millenial Generation and Gen Z in Bandar Lampung for halal-labeled local brand cosmetics by using the SEM-PLS method to determine the effect of each variable and CVM to determine the amount of additional costs that are willing to be paid to get local brand cosmetics that are halal-labeled. The result of the study found that brand image and religiousity significantly affect willingness to pay both directly and
through purchase intention as intervening variable. Purchase intention itself positively-significant affects willingness to pay. Based on CVM result shows additional price that customers willing to pay is Rp23.280,00.
Collections
- UT - Syariah Economic [466]