Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kesatuan Bogor
Date
2021Author
Claresta, Vania
Sailah, Illah
Hubeis, Aida Vitayala S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Guru memiliki peran penting dalam organisasi atau lembaga pendidikan
karena peran dan fungsi guru yang sesuai dengan UU No. 19 tahun 2005.
Pendidikan sekolah dasar (SD) merupakan pendidikan awal yang sangat penting
dan dipengaruhi oleh peran guru. Kualitas guru SD dapat ditinjau berdasarkan
kinerja. Kinerja guru yang baik dapat meningkatkan kualitas pendidikan terutama
pendidikan SD karena guru yang berinteraksi langsung dengan siswa. Pengukuran
kinerja yang baik terhadap guru dapat dilakukan dengan mengukur kompetensi
pedagogik. Berdasarkan hal tersebut, pengukuran kinerja guru berdasarkan
kompetensi pedagogik diperlukan.
Fenomena mengenai kinerja sangat menarik untuk diteliti karena tidak semua
guru dapat meningkatkan kinerja. Salah satu hal lainnya yang dapat mempengaruhi
kinerja guru adalah kepuasan kerja guru. Menjaga kepuasan kerja guru merupakan
hal yang penting, dikarenakan dalam mempertahankan guru yang berkualitas, guru
tersebut harus puas dengan pekerjaannya di sekolah tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja terhadap
kinerja guru Sekolah Dasar Kesatuan Bogor. Pengumpulan data dilakukan pada
Januari 2019. Kuesioner disebarkan kepada 62 responden dengan menggunakan
teknik pemilihan sampel secara Sensus. Metode analisis pada penelitian ini
menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan pendekatan Partial
Least Square (PLS) untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan
kepuasan kerja terhadap kinerja.
Hasil analisis SEM PLS menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja dapat
ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi pedagogik. Kemudian, kepuasan
kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Artinya, kinerja dapat
ditingkatkan dengan peningkatan kepuasan kerja. Sementara itu, kompetensi
pedagogik berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja. Artinya,
kompetensi pedagogik tidak dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kinerja.
Jadi, dalam meningkatkan kinerja guru, harus ada hubungan yang erat antara
kompetensi pedagogik dengan kepuasan kerja, dan kepuasan kerja dengan kinerja
agar kinerja guru pada Sekolah Dasar Kesatuan Bogor ditingkatkan.
Collections
- MT - Business [2031]