Analisis Dukungan Sosial, Motivasi Diri, Penerimaan Terhadap Pembelajaran Daring dan Tingkat Stres Akademik Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Perubahan sistem belajar-mengajar di masa pandemi Covid-19 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan stres akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial, motivasi diri, dan penerimaan terhadap pembelajaran daring terhadap tingkat stres akademik siswa SMA di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain eksplanatori yang melibatkan 144 partisipan siswa SMA Negeri di Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan teknik voluntary sampling. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa usia ayah berhubungan positif signifikan dengan dukungan sosial, besar keluarga berhubungan negatif signifikan dengan dukungan sosial dan motivasi diri, motivasi diri berhubungan positif signifikan dengan penerimaan terhadap pembelajaran daring. Dukungan sosisal, motivasi diri, dan penerimaan terhadap pembelajaran daring berhubungan negatif signifikan dengan tingkat stres akademik. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa dukungan sosial, motivasi diri, dan penerimaan terhadap pembelajaran daring berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat stres akademik.