Tingkat Partisipasi Online dan Literasi Digital Komunitas Batang Berkebun pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Batang Berkebun merupakan komunitas yang berfokus pada kegiatan urban farming yang pada masa pandemi Covid-19 seluruh kegiatannya dilakukan secara online. Tingkat partisipasi anggota komunitas dilihat dari keaktifan pada setiap tahap partisipasi kegiatan online. Pemanfaatan media digital pada kegiatan online tersebut berkaitan dengan literasi digital karena anggota secara tidak langsung anggota belajar menggunakan media digital dan juga perangkat TIK (learning by doing) yang bisa meningkatkan tingkat literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan karakteristik individu dengan literasi digital dan tingkat partisipasi dengan tingkat literasi digital. Data kuantitatif diperoleh melalui survei dengan penyebaran kuesioner online melalui Google Form kepada responden, data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam secara online dengan informan dan observasi pada grup Whatsapp komunitas. Responden dipilih melalui teknik pengambilan sampel acak sederhana sejumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi anggota komunitas rendah pada kegiatan online. Rendahnya tingkat partisipasi disebabkan anggota tidak memiliki waktu luang untuk kegiatan online komunitas, tetapi tingkat literasi digital anggota termasuk tinggi. Hasil lainnya adalah ditemukan hubungan antara karakteristik individu usia dengan literasi digital. Semakin tua usia semakin rendah tingkat literasi digital. Tidak ditemukan hubungan antara tingkat partisipasi dengan tingkat literasi digital. Kegiatan online yang dilakukan belum efektif untuk meningkatkan partisipasi dan literasi digital. Batang Berkebun is a community that focuses on urban farming activities, which during the Covid-19 pandemic all activities were carried out online. The participation levels seen from activity at each stage of participation in online activities. Digital media uses in online activities related to digital literacy because members indirectly learn to use digital media and ICT tools (learning by doing) which can increase digital literacy levels. This study aims to explain correlations between individual characteristics and digital literacy, participation level and digital literacy levels. Quantitative data was obtained through survey by distributing online questionnaires, qualitative data was obtained through in-depth online interviews and observations in community Whatsapp groups. Respondents were selected through simple random sampling technique of 34 peoples. The results showed that participation levels of community members were low in online activities. The low participation level caused by members not having free time for online activities, but the digital literacy levels are high. There is a correlation between the characteristics of age individuals and digital literacy. The older the age, the lower the level of digital literacy. There was no correlation between participation levels and digital literacy levels. The online activities not effective in increasing participation and digital literacy.