Perancangan Interaksi Digital Edukasi Specialty Coffee Lokal Menggunakan Proses Desain Double Diamond
Abstract
Indonesia memiliki 20 jenis specialty coffee dengan karakteristik yang
bervariasi dari berbagai daerah. Penilaian konsumen terhadap rasa, minat untuk
beli, dan preferensi meningkat ketika diberikan informasi subjektif mengenai kopi
yang akan dikonsumsi. Informasi mengenai kopi yang sulit dipahami oleh
konsumen kopi akan menjadi halangan dalam mencoba kopi baru. Eksperimen yang
berhubungan dengan interaksi dalam dunia kopi sudah dilakukan sebelumnya,
dalam bentuk robot pemberi rekomendasi kopi dan nampan yang memuat informasi
kopi yang diseduh. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat
interaksi baru yang bertujuan meningkatkan minat dan edukasi specialty coffee
lokal. Penelitian ini menggunakan metode double diamond yang berisi empat fase.
Fase discover untuk mencari data melalui survei dan wawancara. Fase define untuk
menentukan masalah inti melalui metode affinity diagram. Fase develop untuk
menghasilkan ide-ide melalui metode brainstorming dan diskusi. Fase deliver
untuk merancang ide lebih jauh yang memiliki prioritas tinggi dan yang paling
sesuai penerapan terhadap masalah yang ingin diselesaikan. Indonesia has 20 types of specialty coffee with differing characteristics that
originate from different areas. Consumers' judgment of taste, willingness to buy,
and preference increases when given subjective information of the coffee that will
be consumed. Information about coffee that is difficult to understand by consumers
may be an obstacle that hinders them from trying new types of coffee. Experiments
about interaction in the coffee sector has been done before, such as a robot coffee
recommender and a tray that gives info on the coffee consumed. The goal of this
research is to design and develop a new interaction with the goal of increasing
interest and education about local specialty coffee. This research uses the Double
Diamond method that has four phases. Discovery phase is to look for data through
a survey and interviews. Define phase is to look for the central problem through the
affinity diagram method. Develop phase is to generate ideas for the prototype using
brainstorming and discussion method. Deliver phase is to further design the ideas
that have high priority to develop and the applicable ones to reach a solution for the
problems found.
Collections
- UT - Computer Science [2236]