Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Abstract
Dewasa ini persaingan perusahaan di Indonesia semakin ketat dan lebih kompetitif. Setiap perusahaan ingin dapat memenuhi kesejahteraan dan kepentingan dari anggota dan pemegang saham. Salah satu caranya dengan kegiatan tanggung jawab sosial. Selama ini perusahaan perbankan dipandang sebagai lembaga yang dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat, namun keberadaan perusahaan juga menimbulkan banyak masalah seperti masalah sosial dan lingkungan, sehingga dalam hal ini perusahaan harus menciptakan suatu bentuk tanggung jawab sosial terhadap sekitar perusahaan. Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) muncul sebagai ide, perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan yang mengacu pada keuangannya saja. Tapi tanggung jawab perusahaan harus berpijak kepada triple bottom lines, dimana selain keuangan juga harus memperhatikan sosial dan lingkungan, karena kondisi keuangan saja tidak cukup untuk menjamin nilai perusahaan tumbuh secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa data kuantitatif dari beberapa perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Sampel ini dipilih dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 36 perusahaan dari 46 perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan Microsoft Excel dan software Eviews12 dengan model regresi data panel untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan perbankan terdaftar pada BEI, sementara kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan juga tidak dapat memperkuat pengaruh dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Dengan kata lain, tanggung jawab sosial perusahaan sektor perbankan memiliki pengaruh terhadap peningkatan nilai perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]